Kamis, 13 Juni 2013

10 Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Batman



       Batman adalah salah satu superhero yang paling diidolakan, dan merupakan buku komik pertama yang tokohnya anti-hero. Selama bertahun-tahun ia berada di film, permainan video dan televisi dan telah melalui banyak perubahan. Saat ini hampir semua orang tahu tentang Batman, tapi ada banyak yang banyak yang tidak tahu tentang sejatinya Batman.Ini adalah hal-hal yang mungkin anda tidak tahu tentang tokoh Hero yang sebenarnya tidak mempunyai kekuatan superhero. 
       Berikut 10 Hal Yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Batman.
       1. Seorang penjual sepatu membuat Batman tampil seperti sekarang ini. Ketika Bob Kane menciptakan karakter Batman pertama kali pada tahun 1939, karakter ini digambarkan memiliki 2 buah sayap kecil di punggungnya dan juga memakai topeng seperti karakter Lone Ranger. Tapi Partner menulis Bob Kane yang merupakan mantan penjual sepatu, Bill Finger, memberikan gambaran Batman menjadi seperti yang sekarang kita lihat. Dengan topeng yang hampir menutup seluruh wajahnya dan juga sayap yang panjang. Bill juga yang menyarankan agar Batman adalah sosok superhero yang menggunakan akal dan kepintarannya untuk memecahkan sebuah kasus dan juga melawan musuh-musuhnya. Ini menjadikan Batman adalah seorang Superhero Detektif. Sayang kontribusi Bill Finger ini tidak diketahui oleh banyak orang. Banyak orang hanya mengetahui Bob Kane sebagai pembuat Batman, dan melupakan sosok Bill Finger.
      2. Andy Warhol pun pernah membuat serial Batman Film Batman yang pertama kali tayang pada tahun 1966 bukanlah kali pertama Batman dibuat dalam tampilan sinema. Pada tahun 1943, Colombia Pictures, pernah merilis 15 serial Batman yang diceritakan bekerja untuk pemerintah. Serial yang dibuat 18 bulan setelah Jepang menyerang Pearl Harbour ini mengisahkan tentang Batman yang menyelidiki ilmuwan Jepang yang membuat Zombie. Pada tahun 1949, ada juga serial tentang Batman yang berjudul Batman and Robin. 15 tahun kemudian pun pernah ada film Batman Dracula. Sebuah film Batman yang disutradarai oleh Andy Warhols.
       3. Produser Batman adalah orang yang tidak mengetahui tentang Batman Pada tahun 60′an beberapa Produser TV telah ingin membuat film seri Batman untuk acara sabtu pagi anak-anak. Akhirnya pihak ABC yang berhasil mendapatkan Hak pembuatan serial Batman ini. Produser yang mendapatkan tugas mengerjakan serial ini adalah William Dozier, seorang produser yang tidak pernah mengetahui Batman, karena ketika kecil dia tidak boleh membaca komik oleh kedua orang tuanya. Serial Batman yang dibuatnya dibintangi oleh Adam West. Serial Batman yang dibuat pada tahun 60an ini pernah tayang pada awal tahun 90an disalah TV swasta RCTI.
      4. Peralatan yang ada pada sabuk Batman Batman tidak akan lengkap tanpa sabuk berisi peralatan yang biasa digunakannya untuk melawan musuh-musuhnya atau pun untuk menyelamatkan diri. Sabuk ini sering berubah bentuk mengikuti tahun dan juga jubah terbaru Batman. Ada banyak peralatan pada sabuk ini, antara lain adalah Bat-lasso, Batarangs, Bat-cuffs, Batlight, Bat first aid kit, Bat smoke grenades dan masih banyak lagi yang kalau dibawa semua kayaknya rempong bangat. Jadi kadang peralatan ini dibawa sesuai dengan kebutuhannya saja.
      5. Batman menciptakan sebuah gaya tarian Oke, fakta yang ini memang agak absurd, tapi memang begitu kenyatannya. Pada serial TV Batman yang dibuat pada tahun 60an yang diperankan oleh Adam West. Karakter Batman dikisahkan sedang menyelidiki sebuah kasus. Dia pun lalu pergi ke sebuah klub, setelah meminum jus jeruk, dia pun berdansa dengan seorang wanita disana. Batman pun berdansa dengan gaya yang unik. Goyangan Batman ini kemudia dikenal dengan gaya Batusi. Gaya ini pun banyak tampil diserial TV dan juga Film seperti Pulp Fiction.
      6. Batman yang lebih gelap Karakter Batman sebelum tahun 80an lebih dikenal sebagai karakter yang lebih berwarna, terutama karena serial TV yang diperankan oleh Adam West. Tapi pada pertengahan tahun 80, ketika Tim Burton didapuk menjadi sutradara film Batman, Tim membuat Batman yang lebih gelap dan suram. Esensi film Batman yang gelap dan muram juga diteruskan oleh Christopher Nolan.
      7. Alfred si pelayan Alfred Thaddeus Crane Pennyworth, atau yang lebih dikenal sebagai Alfred adalah salah satu karakter yang terkenal dari Batman. Dia adalah orang tua yang membesarkan Batman, tapi sebenarnya dia adalah seorang pelayan di keluarga Bruce Wayne. Dalam beberapa film dan serial TV terlihat kalau Alfred juga pandai mengoperasikan komputer bahkan juga menggunakan senjata.
      8. Musuh-musuh Batman yang aneh Selain Poison Ivy dan Mr.Freeze mungkin bisa kamu anggap adalah musuh Batman yang aneh, tapi sebenarnya masih ada beberapa musuh Batman yang lebih aneh. Mereka antara lain adalah Calendar Man : Penjahat ini suka sekali melakukan kejahatan pada tanggal-tanggal tertentu saja. Killer Moth : Ini asli absurd, penjahat ini adalah ngengat. Dia biasa mengubah para musuh-musuhnya menjadi kepompong. Tweedledum and Tweedledee : Kedua bersaudara ini bukanlah kembar, tapi mereka sangat mirip satu sama lain. Kite Man : Karakter yang mempunyai nama asli Charles “Chuck” Brown menggunakan paralayang sebagai senjata kejahatannya.
       9. Batman adalah ahli menembak Butuh sedikit waktu untuk Bob Kane menyempurnakan karakter Batman. Saat ini, Batman tidak hanya menolak untuk menggunakan senapan, tetapi membenci senapan sepenuhnya. Hal ini logis, mengingat senapanlah yang membunuh orang tuanya, dan sejak ia stalwartly menolak untuk menggunakan senjata api dalam memerangi kejahatan . Namun dalam awal-awal kemunculan Batman, dia berkostum lebih mirip dengan Sherlock holmes dan lebih banyak melakukan tugas penyelidikan daripada berkelahi, dan dia juaga membawa 6 Senjata api di pingangnya saat melakukan patroli malam, namun sang pencipta karakter segera merubah hal ini dia mengatakan, “Batman memakai senjata sepertnya kurang tepat”.
       10. Batman yang Nakal, dan Gay Pada tahun 1954, Dr Frederic Wertham seorang psikiater Jerman-Amerika menerbitkan “Seduction of Innocent” Sebuah buku terkenal yang diklaim buku komik, dengan citra kekerasan , berkontribusi terhadap kenakalan remaja. Sebagian besar buku difokuskan pada kejahatan dan komik horor, tapi komik superhero menjadi sasaran dalam beberapa contoh.Satu momen terkenal menyatakan bahwa Batman dan Robin digambarkan sebagai pasangan gay. Tentu saja, ini konyol, tapi banyak yang berpikir bahwa klaim ini adalah apa yang penulis terinspirasi untuk membuat Batman (atau lebih tepatnya, Bruce Wayne).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar