Minggu, 16 Juni 2013

METODE CERAMAH DALAM MENGAJAR



Metode mengajar adalah salah satu komponen yang harus ada dalam pembelajaran. Agar pengajaran yang dilaksanakan dapat sesuai dengan apa yang telah dirumuskan oleh pendidik, maka sebelum melaksanakan program mengajar, perlu pemahaman pada setiap pengajar tentang metode mengajar seperti apa yang akan digunakan dalam proses mengajar. Salah satu metode mengajar yang dapat dilakukan adalah metode ceramah.
Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode mengajar, prinsip tersebut terutama berkaitan dengan faktor perkembangan kemampuan siswa, diantaranya :[1]
a.       Metode mengajar harus memungkinkan dapat mengakibatkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pelajaran (curiosity).
b.      Metode mengajar harus harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni.
c.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
d.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu (sikap skeptis).
e.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (berinkuiri) terhadap sesuatu topik permasalahan.
f.       Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak.
g.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar mandiri (independent study).
h.      Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama (cooperative learning).
i.        Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar mandiri untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.
Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa. Metode ini berbentuk penjelasan konsep, prinsip dan fakta pada akhir perkuliahan ditutup dengan tanya jawab antara dosen dan mahasiswa.[2]
Ada beberapa kompetensi yang harus diperhatikan guru untuk mmendukung keberhasilan metode ceramah dalam pembelajaran antara lain :[3]
1.      Menguasai teknik-teknik ceramah yang memungkinkan dapat membangkitkan minat :
2.      Mampu memberikan ilustrasi yang sesuai dengan bahan pembelajaran.
3.      Menguasai materi pelajaran
4.      Menjelaskan pokok-pokok bahan pelajaran secara sistematis.
5.      Menguasai aktivitas seluruh siswa dakam kelas.
Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode ceramah yang berkaitan dengan kondisi siswa adalah  :[4]
a.       Siswa mampu mendengarkan dan mencatat bahan pelajaran yang dijelaskan oleh guru.
b.      Kemampuan awal yang dimiliki siswa berhubungan  dengan materi yang akan dipelajaran.
c.       Memiliki suasana emosional yang mendukung untuk meperhatikan dan memiliki motivasi mengikuti pelajaran.
Keunggulan Metode Ceramah adalah sebagai berikut :[5]
1.      Ekonomis waktu dan biaya karena waktu dan materi pelajaran dapat diatur guru secara langsung, materi dan waktu pelajaran sangat ditentikan oleh sistem nilai yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan.
2.      Target jumlah siswa akan lebih banyak, apabila menggunakan alat sound system.
3.      Bahan pelajaran sudah dipilih / dipersiapkan sehingga memudahkan untuk mengklasifikasi dan mengkaji aspek-aspek bahan pelajaran.
4.      Apabila bahan pelajaran belum dikuasai oleh sebagian siswa maka guru akan merasa mudah untuk menugaskan dan memberikan rambu-rambu pada siswa yang bersangkutan.
Kelemahan Metode Ceramah adalah sebagai berikut :[6]
a.       Sulit bagi yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencata yang baik.
b.      Kemungkinan menimbulkan verbalisme.
c.       Sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa utnuk berpartisipasi secara total (hanya proses mental, tetapi sulit dikontrol)
d.      Peran guru lebih banyak sebagai sumber belajar.
e.       Materi pelajaran lebih cenderung pada aspek ingatan.
f.       Proses pelajaran ada dalam otoritas guru.


[1] http://kabarmingguan.blogspot.com/2012/12/prinsip-dan-fungsi-metode-mengajar.html, diakses pada 10 Maret 2013.
[2] http://majalahsiantar.blogspot.com/2012/05/berbagai-macam-metode-guru-dalam.html, diakses pada 10 Maret 2013.
[3] http://karwapi.wordpress.com/2012/11/17/keunggulan-dan-kelemahan-metode-ceramah-dalam-pembelajaran-di-kelas, diakses pada 10 Maret 2013.
[4] Ibid.
[5] Ibid.
[6] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar